Magang Jepang

Berikut kami sampaikan berita tentang "Program Magang Jepang"

Program pemagangan jepang , Telah berlangsung dalam kurun waktu sekitar 20 tahun. Program magang ini pun ada 2 macam. Yang pertama adalah program hasil kerja sama antara Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan International Man Power Japan (IM Japan) yang dulu bernama IMM JAPAN. Yang kedua adalah program hasil kerjasama Lembaga atau Yayasan swasta di INDONESIA dengan Lembaga Penerima / perusahaan yang ada di Jepang.

Pemberangkatan lewat lembaga pemerintah, atau yang lebih dikenal dengan nama IMM JAPAN masih menyisakan cukup banyak masalah yang perlu dibenahi pemerintah. Di antaranya adalah persoalan Test seleksi awal, persiapan prakeberangkatan dan perlindungan kensusei (peserta magang) di saat pemagangan di jepang berlangsung.

Seperti yang dikatakan diatas, beberapa pihak swasta pun ikut mengirimkan tenaga-tenaga kerja muda dari Indonesia untuk magang kerja selama 3 tahun.Di program swasta pun sama. Masih menyisakan beberapa hal yang musti di perbaiki. Tapi jika di nilai secara keseluruhan,program ini sudah bagus dan pantas untuk di lanjutkan.

Bagi para peserta magang, setelah lulus seleksi awal langsung digembleng dan di tempa serta dilatih dalam masa pemberangkatan sekitar 3 – 4 bulan. Pelatihan ini lebih di arahkan pada penguasaan bahasa Jepang dan persiapan fisik, Mental, dan Disiplin. Dengan begitu nantinya mereka dapat langsung ditempatkan bekerja, seperti di tempat pengecoran, pengelasan, di pabrik perikanan, pertanian dan lainnya mulai dari perusahaan skala besar, menengah sampai kecil. Memang tidak sedikit dari peserta magang yang harus bekerja di tempat yang penuh limbah atau di tempat bersuhu 400 derajat Celcius seperti di tempat peleburan biji besi, di tempat pengelasan, Mereka juga kerap harus mengangkuti beban-beban sangat berat dan bekerja diluar jam kerja tanpa hitungan lembur.

Jadi bagi anda yang merasa Fisiknya tidak mampu untuk menjalankan itu semua, Mendingan jangan ada niat untuk berangkat kesana. Fisik mental dan kemampuan akan sangat di perlukan disini. Memang sih, untuk gaji peserta magang jepang sangat menggiurkan. Mereka rata – rata mendapatkan gaji pokok 9 juta sampai 14 juta tergantung UMR daerah masing masing. Dan itu pun belum termasuk uang lembur. Sehingga nanti ketika mereka pulang dari jepang, di harapkan bisa mengantongi uang yang jumlahnya lebih dari cukup untuk membuat sebuah usaha mandiri.

Dikarenakan status peserta kenshu hanya Sebagai pekerja magang, mau tidak mau harus mengikuti aturan, dimana mau ditempatkan, dan mau mengerjakan apa, oleh karena itu, biar nanti tidak mengalami hambatan kerja karena tidak tahu menahu tentang pekerjaan yang akan dijalani dan tidak memiliki ketrampilan yang memadai untuk pekerjaan yang akan dijalani, pemerintah hendaknya melakukan evaluasi dan perbaikan menyeluruh pada program magang kerja yang sesungguhnya sangat baik untuk pengembangan SDM bangsa ini. Keterampilan kerja dan informasi mengenai tempat dan jenis pekerjaan yang akan dilakukan harus benar-benar diberikan secara jelas, lengkap dan memadai sebelum berangkat.

Tak cukup itu, kondisi tempat, jenis pekerjaan dan kewajiban kerja yang diterima para peserta magang juga harus terus dipantau selama 3 tahun bekerja di negeri orang. Sehingga masalah-masalah yang timbul di tengah masa magang kerja bisa segera diadvokasi dan diatasi.
Harapan kita semua, program pemagangan ke jepang di tahun 2015 ini nanti akan menjadi lebih baik dari pada tahun tahun sebelumnya. Amin.

demikian informasi berita tentang Program Magang Jepang semoga bisa membantu
Bagi yang ingin mengikuti program magang jepang, pendaftaran dapat dilakukan secara Online dengan mengakses tautan dibawah »

1 komentar: