INFO JADWAL SELEKSI PEMAGANGAN KE JEPANG TERBARU

Ayo Ikut Program magang  ke jepang depnaker

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi menargetkan penempatan 2.500 orang peserta magang ke Jepang. Mereka akan menjadi tenaga magang pada 50 perusahaan di negara tersebut.

Program ini masuk dalam Gerakan Nasional Pemagangan yang dicanangkan Kemenakertrans dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk kejuruan di bidang industri, otomo
tif, tekstil, listrik, manufaktur, mesin dan bangunan.

"Pelaksanaan pemagangan ini merupakan langkah konkret pelaksanaan konsep link and match yaitu memastikan dunia pendidikan dan pelatihan selaras dengan kebutuhan dunia kerja, serta memastikan lulusan pendidikan dan pelatihan kerja terserap dunia kerja," kata Menakertrans Muhaimin Iskandar, di Jakarta, Rabu (22/2/2012).

Sejak 2002, ada 87 Lembaga Pelatihan Swasta (Sending Organization) yang telah berpartisipasi melatih dan mengirim peserta magang. Mereka telah berhasil menempatkan 6.894 orang peserta magang di 672 perusahaan di Jepang.

Pada 2011, pemagangan luar negeri yang dilaksanakan oleh Kemenakertrans bekerja sama dengan International Management Development Organization Japan (IMM Japan) maupun lembaga pelatihan swasta ke Jepang itu telah mengirim 2.160 orang.

Pada 2012 ini, Kemenakertrans akan melaksanakan pemagangan kepada 12 ribu orang, kegiatan tersebut akan didukung oleh 32 lembaga Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) yang tersebar di 27 provinsi dan lima Kabupaten/Kota.

Muhaimin menjelaskan, program magang ini juga merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas program pemagangan. Tidak hanya itu, langkah ini menjadi upaya untuk lebih meningkatkan gaung pelaksanaan pemagangan secara lebih intensif di seluruh Indonesia.(Iman Rosidi/Sindoradio/rfa)


Apabila kita mencermati struktur piramida penduduk di Indonesia, maka kita wajib bersyukur, bahwa Indonesia sedang menyongsong sebagai negara yang produktif yang ditandai dengan jumlah usia muda yang sangat mendominasi, Sayangnya Indonesia sebagai negara terbesar urutan #4 di dunia (stl China, India, USA) dalam hal jumlah penduduknya, belum terlalu banyak program pengentasan kemiskinannya. Program pengentasan kemiskinan malah cenderung menjadi sarana pencitraan jangka pendek dengan model model “Bantuan Langsung Tunai”. 

Tidak sadar, dengan potensi penduduk muda sebesar Indonesia, jika dimobilisasi akan menjadi negara makmur.

Padahal fakta membuktikan bahwa sarana pengentasan kemiskinan ada 2 cara (kasih komentar jika ada cara lain, yach.. )

#Dengan sarana kewirausahaan/entrepreneurship, berapa jumlah orang kaya baru yang mentas melalui wirausaha dan asalnya adalah anak orang miskin? Banyak khan?

#Dengan sarana PENDIDIKAN yang berkualitas, silakan disebutkan siapa saja orang kaya yang asalnya anak orang miskin dan berhasil mentas dengan sarana Pendidikan? Yang kemudian menjadi Pejabat, Direktur, Executive, Dosen, bahkan Pengusaha sukses. 

Buanyak! Umumnya menempuh pendidikan dengan support biaya pendidikan dari ortu angkat, beasiswa, lembaga zakat, etc.
Apa langkah selanjutnya setelah anak anak SMK, lulusan Akademi, lulusan S1 lulus? Mereka harus menjadi tenaga kerja produktif!

Apakah lowongan pekerjaan di Indonesia tersedia? Tunggu tunggu, siapa bilang mereka harus kerja di Indonesia? Mereka bebas memilih mau kerja di mana saja bisa.

Mereka bisa bekerja ke negara makmur yang usia muda nya sudah langka. Negara-negara semacam itu sangat membutuhkan tenaga kerja produktif. Lowongan Kerja selalu terbuka untuk pelamar lowongan kerja dari negara manapun. Kenapa kita kalah dengan Philipina? Sumbangan GDP terbesar Philipina asalnya adalah dari Tenaga Kerja yang bekerja di luar negeri.

Oke, tapi bagaimana mempersiapkan anak anak lulusan SMK/Akademi/S1? Menurut pengalaman saya, cara paling efektif adalah dengan magang pada industri-industri sesuai bidang pecari lowongan kerja. Agar lulusan magang berstandar Internasional, maka magang nya bisa dengan memanfaatkan Lowongan Kerja Magang di luar negeri.

Mari kita bahas pilihan pilihannya yah…

Artikel ini akan membahas peluang Lowongan Kerja Magang di Jepang.

Program pengiriman pekerja magang dari Indonesia ke Jepang difasilitasi IMM, sudah dimulai sejak tahun 1993. Sejak 1993 sampai akhir tahun 2009 telah mengirim 29,587 orang, sebagian besar ditempatkan di perusahaan manufaktur.

Program Magang Jepang Merupakan program pemerintah DISNAKERTRANS RI bekerjasama dengan IMM JAPAN ( IM JAPAN ) DAN YAYASAN /LEMBAGA SWASTA ( untuk non IMM JAPAN ) untuk memberikan kesempatan kepada pemuda indonesia untuk belajar bekerja di jepang yang berguna untuk meningkatkan sumber daya manusia INDONESIA yang nantinya bisa membangun atau menciptakan lapangan kerja sendiri di INDONESIA.


DASAR PELAKSANAAN PROGRAM PEMAGANGAN KE JEPANG

Memorandum of Understanding (MOU) antara Direktorat Jenderal Binalattas Kemennakertrans R.I. dengan The Association for International Manpower Development of Medium and Small Enterprises Japan (IMM) tanggal 16 September 1994 diperbarui dengan amandemen pada tanggal 1 Februari 2010.


Manfaat Magang Kerja di Jepang adalah sbb:
GAJI – Gaji peserta magang minimal berkisar di 90 ribu yen atau sekitar 10 juta dengan kurs mata uang Yen saat ini. Ini merupakan gaji pokok peserta magang belum ditambah gaji lemburnya. Pengalaman dari peserta magang di Jepang, setiap bulan rata-rata mereka menerima gaji sebesar 150 ribu yen atau sekitar rp. 15 juta rupiah. Selama 3 tahun dengan gaya hidup normal bisa menabung sebesar rp. 500 juta. Angka ini bisa berkali lipat ganda 2 sampai 3 kali jika selama pemagangan mereka banyak kerja lembur dan hemat selama di Jepang. Angka yang fantastis untuk seorang anak muda yang tadinya tidak punya uang sama sekali

PENGALAMAN KERJA STANDAR INTERNASIONAL – Banyak sekali yang bisa didapatkan dari gaya hidup selama di Jepang. Kedisiplinan, habit tepat waktu, etos kerja keras, pola pikir problem solver, inovasi dan kreatifitas terhadap ide-ide baru yang cemerlang, kebiasaan dan budaya Jepang yang tentunya merupakan ilmu dan pengalaman yang sangat berharga untuk menjadikan peserta magang yang berkualitas internasional. Menikmati salju dikala musim dingin, menikmati onogiri dibawah guguran bunga sakura dikala hanami, naik kereta supercepat shinkansen, naik gunung Fuji dan lain-lain merupakan pengalaman yang begitu indah untuk dibagi dengan para sahabat dan keluarga.

TUNJANGAN MODAL USAHA – Setelah selesai program magang kerja di Jepang selama 3 tahun dengan baik, peserta akan mendapatkan “pesangon”. Sehingga peserta yang hemat akan mendapatkan tabungan + pesangon. Jumlahnya 600.000 Yen.

NEXT LEVEL OPPORTUNITY – Umumnya saat keberangkatan, peserta magang kerja di Jepang berusia pada kisaran umur 20-26 tahun. Dengan menjalani program magang kerja selama 3 tahun maka saat mereka selesai program dan pulang pada usia 23-29 tahun. Usia yang masih sangat muda untuk mewujudkan impian-impian yang besar. Mereka bisa mendirikan usaha di Indonesia dengan modal uang dan modal keahlian yang dimiliki dari magang kerja di Jepang. Mereka juga bisa meneruskan kuliahnya, terserah mau kuliah dimana? Bisa di Indonesia, bisa di Jepang, atau di China. Bisa apa lagi? Bagi yang mau bekerja, mereka bisa menanamkan modalnya menjadi properti yang produktif, kemudian mereka bekerja di pasar lowongan kerja internasional
Fasilitas Peserta yang lolos seleksi:

Mendapatkan fasilitas akomodasi dan transport
Mendapat tunjangan uang saku/gaji (telah di singgung di atas)
Mendapat perlindungan asuransi kecuali sakit gigi, sakit bawaan yang diderita sebelum tiba di Jepang
Dengan adanya UU Tenaga Kerja yang baru, peserta magang dari Indonesia mendapatkan hak yang sama dengan pekerja asli Jepang. Kesamaan hak itu mencakup gaji, jaminan perlindungan dan status sebagai tenaga kerja. Sehingga dengan UU Tenaga Kerja yang baru tsb, maka peserta Magang ke Jepang asal Indonesia mendapatkan jaminan perlindungan sejak tahun pertama sampai tahun ketiga yang SETARA dengan hak tenaga kerja warga Jepang.

Pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman, dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

Dagangku.com Bekerja sama dengan LPK/YAYASAN/PT Sending Organization (Lembaga Pengirim peserta magang ke jepang) Menyediakan Informasi Job Pemagangan ke Jepang Langsung Berdasarkan Permintaan dari AO: Accepting Organization (Perusahaan penerima di jepang)/ SO Sending Organization (Lembaga Pengirim Indonesia) Sehingga Proses lebih cepat dan Pasti.


Membuka lowongan untuk pendidikan program magang kerja ke jepang untuk posisi :


1. Job Magang di Industri Pertanian ( utk putri/putra 19 th s.d 27 th, lulusan min SMA /SMK/STM, D3, S1,S2)

2. Job Magang di Press Logam ( untuk putra 20 th s.d 27 th, lulusan min SMA/SMK/STM, D3, S1, S2 )
3. Job Magang di Pengelasan / CNC / Mesin Bubut ( untuk putra 20 th s.d 28 th,
ahli di bidang tersebut, lulusan minimal SMA /SMK/STM, D3, S1, S2 )
4. Job Magang di industri Perikanan ( putra /putri, 19 th s.d 27 th, lulusan min SMA / SMK/STM, D3, S1, S2 )
5. Job Magang di Mebel ( untuk putra 20 th s.d 27 th, 20 th s.d 28 th lulusan min SMA/SMK/STM, D3, S1, S2)
6. Job Magang di Garment ( untuk putri 20 th s.d 26 th, lulusan min SMA /SMK/STM, D3, S1, S2)
7. Job Magang di Seafood Proccessing ( untuk putri 20 th s.d 25 th, lulusan min SMA/SMK/STM, D3, S1, S2)
8. Job Magang di Industri Plastik ( untuk Putri 19 s.d 27 Th, Minimal Lulusa SMA/SMK/STM, D3, S1, S2)

Persyaratan

Untuk mengikuti / menjadi siswa ( peserta magang Jepang ) Syarat-syaratnya adalah sbb :
1) Min lulusan SMA/SMK/STM, D3, S1, S2 sederajat
2) Usia 19-27 tahun (Pria/Wanita)
3) Sehat Jasmani dan Rohani
4) Tinggi min 160 (Pria) 155 (Wanita), Berat badan ideal
5) Tidak berkaca mata, tindik, tatoo

PROGRAM dan PROSES

Program :
Program pendidikan 3-6 bulan Masuk tiap hari
- Senin – Jum’at ( 07.30-16.30)
- Sabtu ( 07.30-11.45 )
- Minggu ( Libur )

Proses :

Calon peserta magang ke Jepang harus memahami secara benar bahwa proses untuk bekerja/magang kerja di Jepang membutuhkan waktu panjang, kesiapan fisik, mental, kedisiplinan, ketekunan, keuletan dll. Oleh karena itu tahapan-tahapan kami buat seperti di bawah ini :

PROSEDUR MAGANG JEPANG 

1. DIKLAT PRA SELEKSI ( 3-6 BULAN )
Pelatihan bahasa Jepang level N5, pembentukan sikap dan mental sebagai calon kenshuusei/pemagang (Biaya pendidikan 3juta dan biaya pemberangkatan bisa di bayar setelah kerja di jepang)
Materi Diklat 
1. Bhs Jepang Khusus JLPT Level N5 ( Materi Bhs Jepang Seleksi IM Japan )
2. FMD ( lari, push up, shit up )
3. Matematika ( Materi Matematika Seleksi IM Japan )
4. Teknik Wawancara

2. SELEKSI DENGAN USER DARI JEPANG / PIHAK PENGIRIM

Seleksi program magang Jepang swasta terdiri dari 2 sistem :
a. Seleksi dengan User Jepang
Pada proses seleksi ini, calon trainee langsung bertemu dengan pihak User dari Jepang. Biasanya calon trainee harus punya keahlian tertentu misalnya autocad, pengelasan, CNC dll. Proses seleksi ini butuh waktu 3-4 bulan ( sejak lolos seleksi ) sudah bisa berangkat ke Jepang

b. Seleksi dokumen

Pada proses seleksi ini, calon trainee tidak perlu melakukan wawancara langsung dengan pihak Jepang, hanya pihak pengirim mengirim dokumen ke Jepang. Dokumen yang dipilih akan diproses oleh perusahaan penerima di Jepang dan biasanya calon trainee tidak perlu memiliki keahlian tertentu Proses seleksi ini butuh waktu antara 6 s.d 10 bulan ( sejak pengiriman dokumen )

3. MEDICAL CHECK UP

Seleksi medical meliputi : tes darah, tes rontgen, tes urine, tes feses, tes mata

4. KONTRAK MAGANG DENGAN PERUSAHAAN JEPANG

Setelah Anda dinyatakan lolos medical, berarti Anda telah diterima oleh User dari Jepang / Pihak Pengirim. Anda wajib membuat paspor, biaya pembuatan paspor 300 rb s.d 600 rb rupiah

Maksimal 1 bulan setelah lolos seleksi, calon trainee melakukan perjanjian kontrak dengan pihak pengirim / perusahaan dari Jepang.

Setelah itu Anda wajib mengikuti pelatihan persiapan pemberangkatan selama 3 bulan / sampai Certificate of Egibility dari Jepang turun.

5. BERANGKAT KE JEPANG

Setelah Certificate of Egibility turun, pihak pengirim mengajukan visa atas nama Anda. Biasanya jadwal berangkat maksimal 3 minggu setelah Certificate of Egibility turun.

waktu yang di butuhkan dari awal pendaftaran seleksi sampai bisa Berangkat ke jepang adalah sekitar 3-6 bulan. 


FASILITAS BEKERJA DI JEPANG 

A.Gaji yang diterima pemagang sangat tinggi ±90.000 setara Rp. 9.000.000 sudah bersih tanpa potongan , belum termasuk lembur dengan kontrak kerja 3 thn maka kira – kira 300-500 juta bisa dikumpulkan untuk dibawa pulang ke Tanah air sebagai modal usaha. Angka ini bisa berkali lipat ganda 2 sampai 3 kali jika selama pemagangan mereka banyak kerja lembur dan hemat selama di Jepang. Angka yang fantastis untuk seorang anak muda yang tadinya tidak punya uang sama sekali .

B.Asuransi melindungi pemagang dari semua hal yang bisa menimpa semua orang dimanapun dan kapanpun, asuransi meliputi asuransi kesehatan, kecelakaan, pensiun dan kematian


C.Kontrak kerja yang dijalankan di Jepang cukup panjang yaitu 3 thn / 36 bulan, jadi cukup banyak waktu untuk bisa menambah pengetahuan bahasa,etos kerja,managemen usaha,wisata / rekreasi ketempat – tempat terkenal di Jepang dll.


D.Fasilitas yang diterima selama di Jepang antara lain :


•Sepeda sebagai alat transportasi ke perusahaan atau supermarket atau apartemen teman – teman yang dekat.

•Apartemen lengkap dengan standar hidup di Jepang, kamar tidur, MCK, Mesin cuci, Kulkas, Kompor gas, Alat masak, AC
•Listrik, Air, Gas didapatkan secara cuma-Cuma, gratis sampai pemakaian tertentu.

E.Tiket Indonesia – Jepang waktu berangkat dan Jepang – Indonesia waktu pulang setelah selesai 3 thn tanpa harus membayar dapat diterima secara gratis.


F.Bagi peserta yang bisa berangkat lewat IM Japan / Depnakertrans akan dapat pesangon modal kerja sebesar ¥ 1 juta = Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah), dan bagi yang melalui swasta mendapat pesangon sekitar 60.000.000 (enam puluh juta rupiah).


G.Bagi yang ingin bekerja di perusahaan jepang yang ada di Indonesia maka mendapatkan prioritas lebih. Cukup wawancara saja dengan pimpinan perusahaan yang bersangkutan tanpa harus nglamar, ngantri panggilan dst.

Pendaftaran » Jadwal magang jepang 2016/2017/2018/2019/2020

peserta terbatas(hanya kandidat yang terpilih yang menerima panggilan).

biaya seleksi GRATIS, Setelah lolos seleksi peserta wajib mempersiapkan segala keperluan peserta meliputi :

biaya hidup di pelatihan tahap 1, Transport dari daerah ke pusat, airport tax

Biaya Diklat Pendidikan PRA SELEKSI, PRA MEDICAL ( MEDICAL CHECK UP TAHAP I )
1.Pelatihan Bahasa Jepang Khusus JLPT Level N5 ( Materi Bahasa Jepang Seleksi IMM Japan )
2. FMD ( lari, push up, shit up )
3. Matematika ( Materi Matematika Seleksi IMM Japan )
4. Teknik Wawancara
Pemeriksaan Test Darah, Tes Mata, Test Rontgen
Tempat tes : Klinik kesehatan yang ditunjuk

BIAYA MEDICAL TAHAP II
Pemeriksaan tes darah, tes urine, tes jantung, tes feses.
Tempat test : Klinik Kesehatan yang ditunjuk

BIAYA PEMBUATAN PASPOR

BIAYA PELATIHAN DAERAH ( Sebelum pelatihan daerah, peserta wajib membuat paspor. )

BIAYA PELATIHAN PUSAT

BERANGKAT KE JEPANG
Uang saku, Biaya Visa dan biaya imunisasi 

(Bagi peserta yang kurang mampu dan dari dalam kota sukoharjo, solo, sragen, karanganyar, wonogiri dan sekitarnya bisa mengikuti program pembiayaan/ Sistem potong gaji setelah bekerja di jepang dan Bagi peserta dari Luar Kota Sudah kami sediakan Asrama Gratis.)

Pastikan Yayasan atau Lpk memiliki ijin resmi, Untuk mengetahui lembaga pengirim (Yayasan atau LPK atau Instansi Pemerintah) yang menyelenggarakan program pemagangan ke Jepang dapat menghubungi:

Kemennakertrans R.I.

Cq. Direktorat Bina Pemagangan

Direktorat Jenderal Binalattas

Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 51

Lantai VI A Jakarta Selatan


Pergunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya karena program ini hanya berlaku 1 kali seumur hidup, bandingkan hasilnya dengan menjadi TKI di negara lain, Berdasarkan hasil survei, komposisi gaji TKI terbesar berada di kisaran Rp1,5–2 juta, dan
Rp1–1,5 juta. Dengan asumsi kurs Rp10.000 per dolar AS, sebagian besar TKI bergaji antara US$100–200 per bulan. dan bandingkan pula hasilnya ketika Anda ingin bekerja di indonesia yang menuntut pendidikan D3/Sarjana dengan asumsi jadi pegawai dengan gaji 2,5 jt/bln (Biaya pendidikan selama kurang lebih 3-5 thn dengan biaya 30-50 jt) Anda membutuhkan waktu sekitar 15 Tahun untuk mendapatkan Hasil yang sama atau lebih kecil dengan mengikuti Program magang di jepang selama 3 thn ini, yang hanya membutuhkan 1/2 dari biaya kuliah sarjana D3/S1, itupun bisa langsung balik modal hanya dengan 1-2 bulan gaji.


TIP BAGI CALON PESERTA PEMAGANGAN SEBELUM MENDAFTAR DAN MELAKUKAN TEST

1. Mempersiapkan perlengkapan administrasi asli dan fotocopy dan legalisir.
2. Jauhi narkoba dan sejenisnya.
3. Belajar Bahasa Jepang dengan benar .
4. Mempersiapkan kondisi tubuh dan ketahanan fisik.
- mengkonsumsi makanan yang bergizi, sehat, dan bersih.
- olahraga teratur sambil mencoba test ketahanan fisik.
- menjaga kesehatan diri dari segala macam penyakit.
5. Mendaftar langsung ke tempat pendaftaran yang telah di tentukan, tidak di wakili dan tanpa melalui perantara.
Demikian info INFO JADWAL SELEKSI PEMAGANGAN KE JEPANG TERBARU semoga bisa membantu,

Info terbaru mengenai program dan prosedur terbaru mengenai magang resmi ke jepang bisa di baca di www.dagangku.com 

berikut simak >> Jadwal seleksi magang jepang untuk perempuan
NO
TANGGAL
PENYELENGGARA DAN TEMPAT SELEKSI
KETERANGAN
1.
24/06/2019 - 28/06/2019
PROVINSI KEPULAUAN RIAU
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI KEPULAUAN RIAU
TANJUNGPINANG
2.
08/07/2019 - 12/07/2019
PROVINSI JAWA TIMUR
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI
SURABAYA
3.
15/07/2019 - 19/07/2019
PROVINSI GORONTALO
KANTOR DINAS PENANAMAN MODAL, ESDM DAN TRANSMIGRASI PROVINSI GORONTALO
GORONTALO
4.
19/08/2019 - 23/08/2019
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA KE 2
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
5.
26/08/2019 - 30/08/2019
SULAWESI TENGAH (LUWUK BANGGAI)
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KAB. LUWUK BANGGAI
LUWUK BANGGAI
6.
02/09/2019 - 06/09/2019
KABUPATEN KEBUMEN
DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN KEBUMEN
PROVINSI JAWA TENGAH MELIPUTI (Cilacap,Banyumas,Purbalingga,Banjarnegara,Wonosobo,Purworejo,Magelang)
7.
02/09/2019 - 06/09/2019
KOTA BATAM
KANTOR DINAS TENAGA KERJA KOTA BATAM
BATAM
8.
09/09/2019 - 13/09/2019
SUMATERA BARAT, TAHAP 2
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI SUMATERA BARAT
PADANG
9.
16/09/2019 - 20/09/2019
PROVINSI JAWA BARAT KE 2
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI JAWA BARAT
BANDUNG
10.
23/09/2019 - 27/09/2019
PROVINSI BENGKULU
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI BENGKULU
BENGKULU
11.
30/09/2019 - 04/10/2019
PROVINSI SUMATERA SELATAN
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI
PROVINSI SUMATERA SELATAN
PALEMBANG
12.
30/09/2019 - 04/10/2019
PONDOK PESANTREN MAMBA'UL MA'ARIF JOMBANG
PONDOK PESANTREN MAMBA'UL MA'ARIF JOMBANG
PELAKSANAAN REKRUT KE-2 JOMBANG PROV. JAWA TIMUR
13.
07/10/2019 - 11/10/2019
PROVINSI LAMPUNG
DINAS TENAGA KERJA PROV.LAMPUNG
BANDAR LAMPUNG
14.
14/10/2019 - 18/10/2019
PROVINSI JAWA TENGAH, KE 2
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROV. JAWA TENGAH
SEMARANG
15.
21/10/2019 - 25/10/2019
PROV. JAMBI 2
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROV. JAMBI
DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROV. JAMBI
16.
28/10/2019 - 01/11/2019
PROVINSI SUAMTERA UTARA KE 2
KANTOR DINAS TENAGA KERJA PROVINSI SUMATERA UTARA
MEDAN
17.
18/11/2019 - 22/11/2019
PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
KANTOR DISNAKERTRANS PROV. NTB
DISNAKERTRANS PROV. NTB
18.
25/11/2019 - 29/11/2019
IKAPEKSI
Hubungi IKAPEKSI terdekat
Pelaksanaan di Provinsi Banten
19.
09/12/2019 - 13/12/2019
KOTA MAKASSAR
KANTOR DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA MAKASAAR
KOTA MAKASSAR
20.
09/12/2019 - 13/12/2019
PONPES GEDONGAN CIREBON
PONDOK PESANTREN GEDONGAN CIREBON
PELAKSANAAN REKRUT KE-2 PONDOK PESANTREN GEDONGAN CIREBON